GilaBola-motoGP. Setelah sempat menjadi perbincangan hangat di
media mengenai isu kembalinya Suzuki ke Lintasan balap MotoGP, secara resmi pihak
Suzuki telah mengumumkan bahwa Aleix Espargaro dan Maverick Vinales akhirnya
dipercayakan sebagai rider Suzuki Line-up MotoGP untuk tahun 2015 dengan prototype mereka GSX-RR.
Sejak beralih ke Forward Yamaha musim ini, Espargaro mendominasi new open class. Pembalap
berusia 24 tahun
ini telah mengoleksi podium pertamanya dan pole position musim
ini dan berada keenam di klasemen kejuaraan.
Espargaro sebelumnya naik ke kelas Pabrikan MotoGP dan mengalami masa sulit di tim
satelit Pramac Ducati tahun 2010 kemudian turun lagi ke Moto2 pada tahun 2011, dan saat
ini kembali ke MotoGP untuk kelas CRT Aspar
Aprilia.
Vinales, rekan senegara Espargaro
yang terhitung masih belia di dunia balap sekarang berada di urutan ketiga klasemen Moto2 sebagai pembalap top rookie untuk Pons Kalex,
dan telah menyumbang dua podium kemenangan untuk timya.
Vinales adalah pembalap berbakat
yang pernah jadi pemenang lomba empat kali status rookie kelas 125cc musim 2011. Yang paling special, pembalap berusia 19 tahun ini
berhasil
meraih gelar juara Moto3 pada tahun 2012 setelah pindah ke Calvo KTM .
Vinales adalah satu-satunya pembalap Moto2 yang sejauh ini telah dikonfirmasi pindah ke MotoGP musim depan, setelah pemimipin klasemen Esteve Rabat berniat
untuk tetap bertahan di Moto2 bersama Marc VDS meskipun jika ia berhasil menjuarai kelas moto2.
Datang dari kelas Moto3 Jack Miller yang akan menjadi pesaing utama Vinales untuk status rookie MotoGP tahun depan. Pemimpin kejuaraan kelas Moto3 ini, tahun depan akan pindah
dari Moto3 ke Honda open class.
Teka-teki Suzuki di MotoGP kian terkuak, setelah Mantan pemimpin Yamaha MotoGP Davide Brivio
secara resmi menjadi manajer tim Suzuki MotoGP.
Pengumuman ini turut menegaskan bahwa tester Suzuki MotoGP Randy de Puniet sama
sekali tidak mendapatkan jatah kursi joki Suzuki. Orang Prancis ini kemungkinan akan tampil sebagai wild card Suzuki November mendatang
pada putaran terakhir di Valencia.
Suzuki
meninggalkan balapan bergengsi MotoGP pada tahun 2011, lantaran krisis keuangan yang
melanda tim pada
akhir tahun, setelah hanya memenangi
satu balapan sejak beralih dari kelas 500cc dan selama dua tahun terakhir sudah mengambil bagian dalam tes resmi
guna pengembangan mesin empat silinder pada prototype barunya yang diberi
kode “the-XRH 1”.
Labels: ARENA BALAP, moto2